Minggu, 27 Desember 2015

Mengenal Buah Tin, Buah Kesukaan Nabi Muhammad, Obat Wasir dan Encok

Pernahkah Anda mendegar kata "tin" atau "tiin"? Saya yakin hampir semua orang beragama Islam pernah mendengar istilah "Tin" atau "Tiin". Tup, betul sekali...., Tiin terdapat dalam salah satu Surat dalam Ayat Suci Al-Quran, yaitu At-Tiin. Tin atau Ara (Ficus carica L.) adalah sejenis tumbuhan penghasil buah-buahan yang dapat dimakan yang berasal dari Asia Barat. Buahnya bernama sama. Nama "Tin" diambil dari
bahasa Arab, juga dikenal dengan nama "Ara" (buah ara / pohon ara) sedangkan dalam bahasa Inggris disebut fig (common fig; "pohon ara umum"), sebenarnya masih termasuk kerabat pohon beringin dari dari genus yang sama, yaitu Ficus.
buah tin buah surga

buah tin solo

buah tin


Pohon tin adalah salah satu dari dua pohon keramat dalam Islam, karena Allah bersumpah atas nama buah/tumbuhan ini. Berikut ini firman Allah SWT: Allah swt berfirman, ” Demi buah tin dan buah zaitun, demi gunung thursina,” (at-Tin: 1-2).

Buah ini merupakan salah satu buah yang menjadi kesukaan Rasululah SAW. Diriwayatkan dari Abu Zar r.a. bahwa pada suatu hari, Rasulullah mendapatkan hadiah satu bekas buah tin, kemudian Nabi Muhammad SAW mengajak sahabat- sahabat untuk makan dan Nabi pun juga ikut makan. Abu Darda radhiallahu’anhu meriwayatkan bahwa Nabi bersabda : “Sekiranya kukatakan ada buah-buahan yang turun dari surga maka itulah buah tin. Sebab, buah-buahan surga itu tanpa biji. Makanlah ia, karena ia dapat menghentikan wasir dan bermanfaat menyembuhkan encok“ (Dituturkan oleh Ibnu Qayyim dalam Zaadul Ma’aad).

Pohon Tin dapat tumbuh dengan baik di wilayah Asia Barat, mulai dari pantai Balkan hingga Afganistan. Sekarang dibudidayakan pula di Australia, Cile, Argentina, serta Amerika Serikat, serta mulai dirintis di Indonesia, salah satunya di Solo.

Minat ?? Silakan mampir ke kebun kami di Palur, Timur Solo (Jawa Tengah)

Lokasi

Jl. Brigif 6, Panjang Rejo RT 3 RW 20, Palur Sukoharjo. 57554
Tepatnya di sebelah selatan Fly Over Palur, kurang lebih 1 km.

Nama Petani (pemilik kebun):
Bpk Slamet Siswoharjo (biasa dikenal dengan sebutan Pak Guru) - Ayah Saya.

Saya (pemilik blog ini, Anak dari Bpk Slamet.):
Setyo Nugroho, Penjual Herbal di www.tokoherbalsolo.com

SMS/WHATSAPP : 0896 3315 1983


Sumber gambar:
http://manfaat.co.id/wp-content/uploads/2015/01/manfaat-buah-tin.jpg
https://bibitbuahtin.files.wordpress.com/2012/04/buah2btin2bbudidaya.jpg
http://bibitbuahtin.com/image/bibit%20buah%20tin%20red%20palestin.jpeg 

2 komentar:

  1. katanya kalau banyak kehujanan pohon tiin tidak baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. hampir semua pohon di musim hujan buahnya tidak bagus pak. :)

      Hapus